Rabu, 18 April 2012

Contoh aplikasi multimedia dalam bidang komputer

Winamp adalah suatu pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware multiformat yang skinnable. Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Pengembangan Winamp terkini mendapat pujian dari Ben Allison (benski), Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis.

Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player



Skype adalah salah satu software VoIP (Voice over Internet Protocol) arti gampangnya, mengirim data suara melalui internet. artinya, orang bisa telepon melalui internet. dan mengingat internet sekarang semakin banyak digunakan dan semakin murah, hal ini bisa jadi sangat berguna. terutama untuk telpon keluar negeri yang kalau melalui telepon biasa sangat mahal sedangkan melalui Skype bisa Gratis.

Jenis pengunaanya sendiri ada 2 : antar komputer dan dari komputer ke telpon biasa. antar komputer gratis, sedangkan ke telepon biasa mesti bayar dengan cara membeli semacam Credit (tetapi biayanya sendiri masih lebih murah daripada telpon internasional)

Cara pakainya simpel saja, siapin alat untuk ngomong (mic) untuk dengar (speaker/headset), komputer dan internet. komputer yang mau diajak ngomong (telpon antar komputer) juga perlu punya semua itu. dan juga skype account (buat gratis di situsnya). sedangkan kalau ke telpon biasa, cuma perlu 1 komputer saja. sebenarnya caranya sangat simpel.

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.
VLC Media Player adalah Pemutar Multi Media Universal gratis yang dirilis di bawah GNU-General Public License, yang berarti 100% gratis untuk di-download dan digunakan. VLC Media Player adalah sofware media player yang cukup powerfull dan komplit. Saat ini VLC merupakan salah satu media player yang paling populer dan cukup banyak digunakan. Pasalnya software VLC Media Player ini mampu memutar berbagai macam format file multimedia baik file audio maupun video. Software media player pihak ketiga memang sangat diperlukan untuk melengkapi kemampuan Windows Media Player yang terbatas dalam memutar file multimedia. Dan, VLC Media Player ini adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi kebutuhan multimedia kamu. Selain interface yang simpel dan user friendly  VLC Media Player juga cukup ringan untuk dijalankan.

Mungkin kamu pernah tidak bisa menonton video favorit kamu karena Windows Media Player atau Media Player lainnya tidak mampu menampilkan file video tersebut. Biasanya masalah ini terjadi karena Media Player tidak mendukung format atau codec video tersebut. Nah, hal itu tidak akan terjadi lagi jika kamu sudah menginsltal VLC media Player ini di komputer kamu. Karena VLC mendukung sejumlah besar format multimedia, dan tidak mengharuskan kamu untuk men-download codec tambahan. VLC Media Player benar-benar memiliki kemampuan untuk memutar semua jenis file Audio atau Video  kecuali mungkin format video yang jarang sekali digunakan, rusak atau suatu part video yang tidak utuh.
VLC media player adalah pemutar multimedia yang sangat portabel untuk berbagai format audio, video serta DVD, VCD, MPEG-1, MPEG-2 dan MPEG-4  dan berbagai protokol streaming tanpa codec eksternal atau program.

Referensi : http://sheltercloud.blogspot.com/2011/10/vlc-media-player-terbaru.html
                  http://ullamuhnasrul.wordpress.com/2010/11/21/pengertian-skype-wikipedia-version/
                  http://edybien.blogspot.com/2010/11/pengertian-winamp.html
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar